Ringkasan Salah Satu Game Tertua Yang Bernama Duke Nukem 3d

Dirilis pada 24 April 1996, Duke Nukem 3D adalah game ketiga dalam seri Duke Nukem dan sekuel Duke Nukem II. Game ini sukses secara komersial dan telah melihat banyak port konsol, paket ekspansi, dan rilis ulang edisi khusus sejak debutnya. Itu terus mempertahankan basis penggemar yang kuat, yang telah menghasilkan ratusan mod dan ribuan peta pengguna.
Sebagai entri terobosan dalam genre first-person shooter, Duke Nukem 3D umumnya diterima dengan baik oleh para kritikus. Permainan ini juga langsung kontroversial dan menuai kritik di media arus utama karena kekerasan dan konten pornografinya. Sekuelnya, Duke Nukem Forever, dirilis pada 2011.
Elemen naratif di Duke Nukem 3D terbatas pada cutscene di akhir episode, serta menu dalam game dan pengetahuan game resmi yang didistribusikan oleh 3D Realms. Meskipun jarang, plotnya berkisar pada invasi alien ke Bumi sekitar awal abad ke-21. Menyusul peristiwa Duke Nukem II, Duke Nukem dengan penuh kemenangan kembali ke Bumi dengan Skycar-nya, yang tiba-tiba ditembak jatuh saat tiba. Alien telah menginvasi Bumi. Alien telah mengubah departemen kepolisian Neo Los Angeles menjadi Polisi Babi mutan untuk melakukan perintah mereka, dan mereka menculik semua wanita.
Pemain berperan sebagai Duke Nukem, pahlawan aksi yang angkuh, dan bertarung melalui 48 level yang tersebar di 5 episode. Pemain menghadapi sejumlah musuh dan melawan mereka dengan berbagai persenjataan. Pada akhirnya, Duke memusnahkan penguasa asing dan merayakannya dengan menodai mayat mereka.
Mesin grafis Duke Nukem 3D adalah langkah maju dari mesin Doom tahun 1993, meskipun banyak fitur lanjutan dari permainan telah muncul dalam intervensi judul first-person shooter seperti Marathon, Star Wars: Dark Forces, dan lain-lain. Sementara level masih didefinisikan sebagai peta 2D, kemampuan mesin Build Ken Silverman memungkinkan level yang lebih kompleks daripada Doom. Gim ini mendukung kemiringan diagonal di lantai, meskipun ini telah terlihat pada awal Ultima Underworld pada tahun 1992. Gim ini juga mendukung bidikan vertikal mouse (tetapi tidak memiliki koreksi perspektif), meskipun tampilan vertikal juga telah muncul di Ultima Underworld dan tampilan mouse penuh muncul di Maraton.